Pengertian Pemanasan Global (Global Warming) dan Dampaknya

Pengertian Pemanasan Global (global warming) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan di bumi. Meningkatnya suhu tersebut menyebabkan bumi yang kita diami ini terasa lebih panas dan saat siang hari kita merasakan panas yang berlebihan. Kenaikan suhu bumi ini dimungkinkan karena meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca akibat dari ulah dan aktifitas manusia itu sendiri.
global warming
Dengan adanya pemanasan global (global warming) banyak sekali kerusakan yang dapat ditimbulkan, bukan hanya satu namun bisa mencapai seluruh struktur yang berada di bumi itu sendiri. Pemanasan global (global warming) bukanlah persoalan bagi pemerintah melainkan persoalan bagi seluruh umat manusia di bumi. Bayangkan saja jika seandaainya kutub utara dan selatan mencair akibat pemanasan global (global warming) apakah kita hanya akan menggantungkan nasib pada pemerintah? Tentu jawabannya tidak, karena pemanasan global (global warming) menjadi tanggung jawab kita seluruh umat manusia. Jadi kita harus berperan aktif untuk mencegah atau melambatkan proses pemanasan global (global warming).
Naiknya suhu secara global (global warming) juga diperkirakan akan menimbulkan perubahan yang lain seperti halnya menyebabkan cuaca yang ekstrem dan naiknya permukaan air laut yang tinggi. Selain itu pengaruhnya yang lain juga bisa dilihat dengan punahnya berbagai macam hewan, berpengaruh terhadap hasil pertanian dan hilangnya gletser.
Apakah penyebab terjadinya pemanasan global (global warming)? Penyebab terjadinya pemanasan global (global warming) antara lain :
1.    Polusi karbondioksida dari pembangkit listrik bahan bakar fosil.
2.    Polusi karbondioksida dari pembakaran bensin untuk transportasi.
3.    Gas metana dari peternakan dan pertanian.
4.    Aktifitas penebangan pohon.
5.    Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan.
6.    Terjadinya efek rumah kaca.
Dampak dan akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global (global warming) antara lain :
1.    Naiknya  permukaan air laut seluruh dunia.
2.    Peningkatan intensitas terjadinya badai.
3.    Menurunnnya produksi pertanian akibat gagal panen.
4.    Makhluk hidup terancam kepunahan.
Solusi cara mengatasi terjadinya pemanasan global (global warming) antara lain :
1.    Tanamlah pohon di sekitar rumah kita.
2.    Lakukanlah reboisasi.
3.    Merubah kenbiasaan yang buruk seperti mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, mengurangi pemakain lampu di siang hari karena lampu yang terlalu lama dinyalakan apalagi di siang hari akan membuat panas bumi semakin meningkat.
4.    Gunakan lampu yang hemat energi.
5.    Membangun rumah dengan fentilasi yang cukup.