Cara Alami Mengatasi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Bagaimana cara alami mengatasi hama Wereng pada tanaman padi?
Pengertian Hama Wereng
Wereng adalah jenis serangga yang besarnya hanya sekitar butiran beras yang merupakan hama pada tanaman padi. Hewan ini mempunyai daya penyebaran yang sangat cepat dan ganas sebagai hama tanaman padi yang sangat sulit untuk diberantas karena bertengger pada panggal daun padi. Wereng merupakan serangga penghisap tumbuhan dari anggota Ordo Hemiptera (Kepik Sejati), Subordo Fulgoromorpha, khusunya yang berukuran kecil. Hewan ini juga bisa menjadi vektor begi penyebaran virus yang menjadi penyakit pada tumbuhan penting.
Hama Wereng
Hama Wereng

Berikut ini adalah jenis-jenis dari Wereng:
  • Wereng Coklat (nama ilmiah: Nephotettix spp) serangga kecil yang mempunyai wana cokelat sebagai penyerang dan memusnahkan buah padi yang baru mulai muncul, berkembang biak dan penyebarannya sangat cepat, daur hidupnya pendek, serta mempunyai daya serang yang sangat ganas.
  • Wereng Hijau (nama ilmiah: Nilaparvata Lugens) serangga ini besarnya sekitar sebesar beras, biasanya penetasannya pada pelepah daun padi dan jangka waktu penetasannya 6 hari, menyerang daun untuk mengambil cairan daun sehingga daun menjadi kering.
  • Wereng Punggung Putih (nama ilmiah: Sogtella Furcifera), tubuh serangga ini tubuhnya lebih kecil dari butiran padi, sebagai penghisap batang padi, jagung, dan rumput-rumputan sehingga tumbuhan tersebut akan kering.
Berikut ini cara mengatasi hama wereng pada tanaman padi secara alami:
Meskipun sudah banyak obat kimia yang sudah digunakan dan hasilnya pun cukup bisa melumpuhkan penyebaran hama wereng namun tentu saja itu bisa ada efek samping bagi manusia yang mengkonsumsi padi tersebut, meskipun pada kadar yang sangat rendah. Berbagai obat-obatan pemusnah/pembunuh hama untuk serangga semacam ini sudah banyak dijual di toko-toko pertanian.
Namun demikian kali ini kami ingin membagi pengalaman tentang cara membunuh hama wereng serta guna untuk menghambat penyebarannya dengan bahan alami sehingga orang yang mengkonsumsi padinya pun aman dan juga hewan ternak yang memakan daun dan pohon padinya pun tidak ikut terkontaminasi zat adiktif. Selain itu manfaat/kegunaan yang lainnya juga biayanya pubn jadi lebih murah karena bahan ini mudah didapat.

Tanaman padi terkena Hama Wereng
Tanaman padi terkena Hama Wereng

Mungkin penasaran apa bahan alaminya? Bahan alaminya adalah Nira dan air yang dicampur. Nira atau sajeng adalah air dari bunga kelapa yang rasanya manis sebagai bahan dasar gula kelapa/merah.
Cara menggunkannya adalah oploslah kedua bahan itu 1:2. Misalnya 1 Liter Nira + 2 Liter air kemudian di aduk hingga merata pada tanaman padi yang belum atau mulai terkena wereng. Cara kerjanya secara logika wereng akan menempel dan kaku karena zat gula yang lengket pada nira tersebut.
Demikianlah bagi-bagi pengalaman dari kami, semoga  tanaman padi kita aman dari hama wereng dan hasil panen kita pun melimpah.
Nira
Nira bahan dasar untuk membuat gula merah

Nb: Sebaiknya jarak antara tanaman padi adalah 35-40 cm agar supaya tanaman padi dalam mendapatkan cahaya matahari untuk berfotosintesis lebih maksimal dan hasilnya pun jumlah batang tanaman padi akan lebih banyak dan lebih subur serta hemat pupuk dan hasil buah padinya akan lebih banyak dari pada cara penanaman padi dengan jarak yang lebih dekat (misal 20 cm-25 cm saja).